Tutorial Cara menginstall Linux Debian Server pada terbaru tanpa ribet pada VMware - Kami IT

Rabu, 25 Maret 2020

Tutorial Cara menginstall Linux Debian Server pada terbaru tanpa ribet pada VMware


              Berbicara tentang Debian, Bagi anak TKJ mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Debian. Menurut wikipedia Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.



                Nah di artikel kali ini saya akan memberikan Tutorial Cara intsall Debian 9, sebelum sahabat bisa memulai menginstall ada beberapa yang perlu di siapkan antara lain sebagai berikut :
           1.       Pastikan Komputer sahabat sudah terinstall VMware.
           2.       Siapkan file ISO debian, jika belum sahabat download dulu file ISO nya.
           
                                              Klik disiniuntuk mendownload!!


                                 
Setelah sahabat menyiapkan seperti di atas, maka sahabat dapat langusung memulai penginstallannya. Pertama sebelum mengitall debian kita perlu membuat Virtual Machine di VMware, caranya sepeti di bawah ini.

Membuat Virtual machine baru di VMware untuk intsall Debian 9


           1.       Buka aplikasi VMware sahabat.

           2.       Selanjutnya sahabat pilih file > New Virtual Machine atau sahabat dapat menggunakan                        shortcut Ctrl+N.



           3.       Selanjutnya maka akan ada pilihan dimana kita mau menginstall secara custom atau kita                      mengikuti typical atau recomend dari VMware, untuk kali ini kita pilih typical, Lalu klik next.



           4.       Selanjutnya kita akan memasukan file iso debian yang sudah kita unduh, klik installer disc                  image fiel (iso) > Browse > pilih file iso yang sudah anda download > klik open, setelah itu                klik next.


           5.       Setelah itu maka kita akan di minta untuk memberikan nama buat virtual machine yang kita                buat, kasih nama saja sesuai yang anda inginkan. Dan disini juga kita dapat mengatur dimana              kita akan menyimpan file virtual machine kita, untuk mengatur nya kita pilih Browse > Pilih                folder dimana akan menyimpannya > Lalu klik oke > Next.


           6.       Langkah selanjutnya kita akan di minta mengatur ukuran disknya, kita masukan saja sesuai                  yang kita inginkan misal saya 20 GB, dan di sini juga kita di minta untuk memilih type                        disknya apakah single files atau mulitpe files, untuk kali ini kita akan pilih Multiple Files,                    lalu klik next.


           7.       Setelah melakukan langkah-lanhgkah di atas selesai sudah pembuatan Virtual Machinenya,                  namun jika sahabat ingin mengcustom seperti ukuran ram maka sahabat jangan langsung klik              finish, sahabat klik customize hardware > custom sesuai kebutuhan > klik close > dan                          terakhir klik finish.



Selesai sudah kita membuat virtual machine baru, selanjutnya kita akan langsung otomatis masuk ke menu pengistallan, maka sahabat dapat ikuti cara di bawah ini.

Cara mengInstall Sistem Operasi Debian 9 pada Vmware

         1.       Setelah masuk di tampilan awal untuk mengistall kita akan di minta untuk memilih cara                      menginstallnya, bisa dengan GUI (Grafik User Interface) atau kita akan memilih CLI                          (Command Line  Interface) nah kali ini kita akan pilih CLI maka kita klik enter pada tulisan                Install.


        2.       Selanjutnya kita akan di minta untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan, jika anda ingin             menggunakan, B indonesia sahabat tinggal klik atas atau bawah di keyboard dan pilih                           B. Indonesia lalu klik enter, namun kali ini kita akan menggunakan B Inggris jadi kita langsung           klik enter saja.
        3.       Setelah kita memilih bahasa maka kita akan di pilih untuk menentukan lokasi, sahabat seuaikan           saja, lalu pilih enter.


        4.       Selanjutnya kita akan di minta untuk memilih keymap keyboard kita, karna kita sudah terbiasa           dengan keyboad american english, maka sahabat tinggal klik enter saja.


        5.       Setelah itu kita akan di minta untuk memasukan host name, contohnya saja saya akan                           memberikan hostname debian, namun sahabat bisa memasukan sesuai keinginan sahbat bisa               nama sahabat atau apapun itu, lalu klik enter.



        6.       Selanjutnya kita akan di surum memasukan nama Domain, kali ini kita akan mengosongkan               domainnya, karna nanti kita bisa mengatur domainnya setelah di install, lalu klik enter.



        7.       Setelah itu kita akan membuat password bagi user root kita, Kita masukan saja passwordnya               sesuai keinginan sahabat, lalu klik enter.



        8.       Langkah selanjutnya kita akan menonfirmasi password user root kita, kita masukan saja                       samakan dengan password sesuai yang tadi sahabat buat.




        9.       Setelah itu kita akan membuat user baru, sahabat masukan saja nama untuk user barunya,                     misalnya saya akan menggunakan nama user Kamal, lalu klik enter.



        10.   Selanjutnya kita akan membuat username buat akun yang barusan, kita samakan saja namanya             lalu klik enter.



        11.   Setelah membuat akun kita akan di minta untuk membuat password untuk akun tersebut,                     masukan saja sesuai yang sahabat inginkan.



        12.   Setelah itu kita akan mengonfirmasi passwordnya, lakukan seperti seperti sebelumnya.



        13.   Setelah membuat akunnya kita akan di minta untuk memilih zona waktu, sahabat sesuaikan                 saja lalu klik enter.



        14.   Setelah memilih zona waktu kita akan membuat partisi disk nya, kali ini kita tidak akan                       membuat disk nya secara manual, kita akan menggunakan recoment dari debiannya, kita klik               enter saja sampai ada tampilan seperti di bawah ini lalu pilih yes.



        15.   Setelah itu kita akan di minta memilih apakan ada disk yang akan kita scan lagi ? , jika tidak               kita klik no.



        16.   Lalu kita akan di minta apakah kita akan menginstall secara mirror, jika tidak kita klik no.



        17.   Setelah itu kita akan di minta apakah kita akan mengisi surver atau tidak, kita klik no saja.



        18.   Setelah itu kita akan memilih paket apa saja yang akan kita install pada debian, kali ini kita                 akan menginstall system standard nya saja, kita hilangkan bintang dengan klik Space dan                     setelah itu kita klik enter.



        19.   Setelah proses penginstallan sudah selesai kita akan di minta apakah akan menginstall boot                 loader atau tidak, kita pilih yes karna kita akan menginstall boot loader.



        20.   Setelah itu kita di minta untuk memilih tempat untuk menyimpan bootloadernya, kita pilih                   /dev/sda lalu klik enter.



        21.   Setelah itu selesai lah intsallasi Sistem Operasi Debian 9 dan terakhir kita klik enter di continue.




        22.   Setelah itu maka akan terjadi boot, dan kita akan masuk ke tampilan awal Debian mode CLI,               Setelah itu sahabat bisa login dengan akun root atau yang satunya lagi dan sahabat dapat                     menggunakan Debian itu.



Sekian Tutorial cara intsall debian 9, bagi sahabat yang masih kurang mengerti atau ada pertanyaan sahabat dapat menuliskan di kolom komentar. Trimakasih Salam TKJ.




Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done