Pengertian DHCP Server Dan Client Secara Lengkap - Kami IT

Rabu, 29 Januari 2020

Pengertian DHCP Server Dan Client Secara Lengkap


DHCP (Dynamic Configuration Protocol ) Adalah sebuah layanan otomatisasi untuk memberikan atau menerima sebuah IP Address pada komputer. Cara kerjanya DHCP Server akan mendistribusikan sebuah IP Address kepada Client yang merequest sebuah IP.

Jenis-jenis DHCP

1.      1.DHCP Client

        DHCP Client  adalah sebuah Layanan yang meminta atau merequest sebuah IP Address kepada DHCP Server. Dengan menggunakan DHCP Client akan mempermudah kita untuk memberikan IP dengan Cepat.

2.      2.HCP Server

         DHCP Server adalah sebuah layanan yang memberikan sebuah IP Address kepada client atau komputer yang memintanya. Pada DHCP Server tidak hanya IP Address saja yang dapat di bagikan, kita juga dapat membagikan Netmask, Gateway dll.

Kelebihan DHCP

1.     Menghemat Waktu dan Tenaga karna kita tidak perlu memberikan IP Address atau                                mengkonfigurasi IP Address kepada Client satu per Satu.
2.       Dapat mencegah adanya bentrok IP yang suka terjadi pada jaringan.
3.       Dapat memudahkan dalam mentrnsfer data dari PC Client lain atau PC Server.
4.       Karna DHCP menyediakan alamat IP secara dynamis, maka ini cocok untuk melayani Network           yang besar.
5.       DHCP memungkinkan client dapat menggunakan ip yeng reusable, artinya IP tersebut dapat di           gunakan oleh client lain jika client tersebut sedang tidak menggunakan IP tersebut.
6.       DHCP memungkinkan Client menggunakan alamat IP dengan jangka waktu tertentu.
7.       DHCP dapat memberikan alamat IP dengan parameter-parameter konfigurasi yang lainnya                   kepada Client.

Kekurangan DHCP

1.       Pemberian IP Address tergangtung pada sebuah Server, artinya jika servernya off atau mati                 maka semua Client akan mendapatka dampaknya, seperti disconnect.
2.       Tidak adanya Otorasi (Pembuktian Keaslian). Saat komunikasi antara DHCP Server dan Client.           Maka DHCP server tidak dapat mengetahui jikalau ada DHCP Client yang tidak sah di dalam             jaringan itu. Juga DHCP Client tidak dapat mengetahui jikalau ada DHCP Server yang tidak sah. 







Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done