Pengertian Router Mikrotik Beserta Penjelasan Fungsi-fungsinya - Kami IT

Rabu, 20 November 2019

Pengertian Router Mikrotik Beserta Penjelasan Fungsi-fungsinya


Apa itu Mikrotik ?

Oke sahabat-sahabat gmana kabarnya kali ini ? Mudah-mudahan sehat selalu ya. Sahabat semuanya pasti pernah menggunakan internet, betulkan buktinya sahabat dapat membaca artikel saya ini. Oh iya tapi sahabat pasti ada yang belum tau dari manasih internet itu? Nah hayoh pasti ada yang gak tau kan. Sedikit info dari saya, internet terbuat dari gabungan banyak sekali router di dunia yang saling terhubung dan dapat berkomunikasi. Nah sekarang sahabat tau dari mana itu internet. Namun pasti di benak sahabat muncul sebuah pertanyaan lagi, apa sih Router itu ?



Apa itu Router ?


Router adalah alat atau perangkat keras pada sebuah jaringan yang bertugas untuk menghubungkan beberapa jaringan atau sering di kenal dengan (Routing), baik jaringan yang sama ataupun jaringan yang berbeda pada teknologinya.

Sekarang sahabat juga sudah mengetahui apa itu router, namun di artikel saya kali ini akan membahas apa itu Mikrotik.

Pengertian Mikrotik


Mikrotik merupakan nama perusahaan yang pusat kantornya di Latvia, mikrotik di bentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Mikrotik membuat sebuah OS untuk sebuah router yang namanya juga mikrotik, Mikrotik memiliki 2 type pertama MikrotikOSTM dan juga Mikrotik Routerboard. 
MikrotikOSTM adalah sebuah OS yang digunakan untuk menjadikan sebuah computer menjadi router network, yang mempunyai berbagai fitur didalamnya. Mikrotik RouterBoard adalah sebuah Hardware (perangkat keras) yang sudah terinstall OS mikrotik. 


Fungsi Mikrotik

           Mikrotik memiliki berbanyak fitur, seperti :  

      1.       QOS (Quality of service)

QOS merupakan salah satu fitur dalam mikrotik yang berfungsi untuk mengatur lalulintas data, ada 2 hal yang berjalan dalam QOS ini, yang pertama adalah scheduler dan yang ke dua adalah sheeper.

      2.       Address list

             Address list merupakan sekumpulan IP address berdasarkan sebuah nama.

      3.       Proxy 

            Proxy merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai dindin perantara antara client dengan server, jadi client tidak akan dapat terhubung ke server tanpa seijin proxy.

      4.       Routing 

                  Routing merupakan fitur yang berfungsi untuk menghubungkan antara dua network yang berbeda.

      5.       Bridge 

            Bridge terbagi menjadi dua, pertama bridge filter dan yang kedua bridge nat dan masih banyak lagi fitur mikrotik lainnya, yang akan saya jelaskan kepada sahabat semuanya di artikel selanjutnya.




          Sekian artikel saya kali ini mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua bagi sahabat yang mempunyai pertanyaan atau umpan balik maka sahabat dapat menanyakannya di kolom komentar atau ke alamat e-mail kami Kuncimasalah@gmail.com . Bye
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done