Tutorial Cara Membagi Partisi Hardisk di Laptop / PC di Windows 10 - Kami IT

Jumat, 26 Juli 2019

Tutorial Cara Membagi Partisi Hardisk di Laptop / PC di Windows 10



Assalamualaikum wr.wb.

Dalam setiap computer semuanya memiliki sebuah penyimpanan, namun tidak semua penyimpanan nya sama. Penyimpanan tersebut sering kita ketahui dengan nama Hard Disk.
Hard Disk ini telah berumur cukup lama karna Hard Disk itu telah di pakai sejak tahun 1980-an. Di artikel saya kali ini, saya akan memberikan ilmu cara membagi partisi hard disk pada windows 10.
Pengertian Hard Disk

Hard Disk adalah media penyimpanan data sekunder  yang ada di dalam computer, biasanya dalam computer ada beberapa partisi ataupun juga ada yang memiliki satu partisi, seperti pada contoh gambar di bawah ini.


                Sahabat mungkin kadang tidak nyaman dengan hanya memiliki satu partisi dalam computer sahabat.  Maka kali ini saya akan memberikan solusi untuk masalah terssebut. Karna sahabat bisa membagi partisi yang ada dalam computer sahabat, sahabat dapat membagi partisi 500 gb ataupun 1 TB menjadi 2 ataupun 3 partisi tanpa harus install ulang. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 


Cara membagi Partisi pada Laptop atau PC 

Untuk membagi partisi di Laptop , ada dua langkah yang harus di lakukan, Langkah pertama yaitu menyusutkan hard disk menjadi unallocated atau tidak terpakai, lalu yang kedua yaitu membuat partisi baru dari hard disk yang sudah tadi kita susutkan

Cara Menyusutkan (Shrink ) Hard Disk

1. Buka Disk Management


Langkah pertama sahabat buka Disk management, dengan cara klik menu search dan tulis Disk Mabagement lalu buka saja.
 

2. Pilih Partisi


Langkah kedua sahabat pilih partisi yang ingin sahabat bagi, misalnya saya pilih local disk C ,Jika sudah  sahabat memilih selanjutnya klik kanan pada partisi tersebut lalu pilih shrink Volume.



  3. Atur Ukuran 


Sekarang kita atur berapa besar partisi yang kita ingin bagi, Contohnya ini saya akan bagi sebesar 10 GB. 




Nah langkah pertama sudah kita lakukan, sekarang kita masuk ke langkah ke dua. 

Cara Membuat Partisi Baru

 1. Pilih Hard Disk


Tadi kita sudah menyusutkan hard disk sebesar 10GB maka akan terlihat ada partisi yang tidak terpakai. Nah itu akan kita buat untuk partisi baru kita. Caranya sahabat klik kanan saja di partisi tersebut lalu pilih new simple Volume.







  2. Menu New Volume Wizard


Nah di sini kita akan memulai membuat Partsisi baru, sahabat klik next saja untuk melanjutkan.  
 

3. Atur Ukuran


Nah sekarang kita masuk ke menu specify volume size, di sini sahabat bisa atur berapa ukuran yang ingin kita buat, namun jika sahabat ingin memasukan semuanya maka kita langsung ikuti defautnya karna akan terpilih sebanyak volume yang tidak terpakai jadi klik next saja.




4. Pilih Disk 


Nah di sini sahabat pilih mau disk dengan nama apa , pilihannya bebas terserah sahabat saja.



5. Pilih Format Partition

Di sini sahabat bisa memilih format partisi yang sahabat akan buat di File System, ada NTFS dan aja juga Fat32 nah kali ini saya akan pilih NTFS. Di sini juga sahabat bisa ganti untuk partisi yang sahabat buat jika sudah klik next saja.


6. Pemyelesaian


Setelah sahabat mengikuti langkah langkah sebelumnya, maka kali ini adalah langkah terrakhir. Nah jika sahabat sudah selesai dan tidak ada kesalahan maka sahabat klik finish dan partisi pun akan terbuat.



Maka sudah selesai sudah membagi partisi, jadi sekarang sahabat sudah memiliki partisi baru dan bisa sahabat pakai. Jika ada kritik , saran atau ada yang kurang di mengerti bisa d tanyakan di kolom komentar atau bisa juga melalui email Kuncimasalah@gmail.com  Selamat mencoba.

Wassalamu’alaikum wr.wb.







Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done